KOMPARASI PERADABAN ISLAM DAN PERADABAN BARAT

Posted: March 9, 2011 in Uncategorized

BAB I
PENDAHULUAN

Di dunia ini terdapat beberapa kelompok peradaban besar, dua di antaranya adalah peradaban islam dan peradaban barat dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Peradaban barat berpusat di kawasan Eropa barat, Eropa Tengah, serta Negara-negara yang sejarahnya dipengaruhi oleh imigrasi bangsa eropa seperti Negara-negara di benua Amerika dan Australia. Sedangkan peradaban islam berpusat di Negara-negara kawasan Timur Tengah.
Baik peradaban barat maupun peradaban islam masing-masing telah menyumbangkan tokoh-tokoh besar yang memiliki pengaruh besar kepada masyarakat. Dalam studi sosiologi, peradaban (civilization) adalah masyarakat yang mapan (a well-established) dan kompleks (complex society) yang mencakup segi-segi kehidupan politik, administrasi, pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, agama, hukum, dan sebagainya.
Dalam makalah ini kami akan membahas tentang peradaban barat dan peradaban islam, sejarah perkembangannya, komparasi antar keduanya serta kelebihan dan kekurangannya.
BAB II
PEMBAHASAN

A. PERADABAN BARAT
Konsep peradaban barat umumnya terkait dengan definisi klasik dari Dunia Barat. Dalam definisi ini, peradaban barat adalah himpunan sastra, sains, politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Sebagian besar rangkaian tradisi dan pengetahuan tersebut umumnya telah dikumpulkan dalam kanon Barat. Istilah peradaban barat secara global digunakan untuk merujuk pada warisan norma-norma sosial, nilai-nilai etika, adat istiadat, keyakinan agama, sistem politik, artefak budaya khusus, serta teknologi. Secara spesifik, istilah peradaban barat dapat ditujukan terhadap:
• Pengaruh budaya Klasik dan Renaisans Yunani-Romawi dalam hal seni, filsafat, sastra, dan tema hukum dan tradisi, dampak sosial budaya dari periode migrasi dan warisan budaya Keltik, Jermanik, Romanik, Slavik, dan kelompok etnis lainnya, serta dalam hal tradisi rasionalisme dalam berbagai bidang kehidupan yang dikembangkan oleh filosofi Helenistik, skolastisisme, humanisme, revolusi ilmiah dan pencerahan, dan termasuk pula pemikiran politik, argumen rasional umum yang mendukung kebebasan berpikir, hak asasi manusia, kesetaraan dan nilai-nilai demokrasi yang menentang irasionalitas dan teokrasi.
• Pengaruh budaya Alkitab-Kristiani dalam hal pemikiran rohani, adat dan dalam tradisi etika atau moral, selama masa Pasca Klasik.
• Pengaruh budaya Eropa Barat dalam hal seni, musik, cerita rakyat, etika dan tradisi lisan, dengan tema-tema yang dikembangkan lebih lanjut selama masa Romantisisme.
 Sejarah Perkembangan Peradaban Barat
Konsep tentang “barat” muncul dari warisan Kekaisaran Romawi. Pada hakikatnya kebudayaan romawi adalah lanjutan kebudayaan Yunani.
1. Era Klasik
Era Klasik dadalah pada masa Greeco-Romawi yaitu masa kekusaan Yunani yang selanjutnya dilanjutkan oleh kekaisaran Romawi yang mengalami puncak kejayaan pada masa raja Justianus, karena pada hakikatnya kebudayaan romawi adalah lanjutan kebudayaan Yunani. Jurji Zaijan membagi kebudayaan Yunanii menjadi tujuh zaman, yaitu:
a. Masa mitologi, yaitu zaman Yunani Purba dimana seluruh kebudayaannya penuh dengan dongeng dan khurafat.
b. Masa Heroik (900-700 SM), yaitu zaman dimana hasil-hasil kebudayaan menggambarkan semangat kepahlawanan. Karya yang terkenal adalah kumpulan syair bernama Ilias dan Odyssa ciptaan Homerus yang melukiskan kisah perang.
c. Masa Lyric (Perasaan) (700-500 SM), yaitu masa kolonisasi Yunani di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara dan masa berkuasanya para tiran sehingga banyak tercipta sajak-sajak lyric.
d. Masa Keemasan (500-323 SM). Pada masa ini muncul sajak-sajak dramatik, filsafat, khitabah dan sejarah.
e. Masa Iskandary (323-146). Pada masa ini pusat kebudayaan pindah dari Athena ke Iskandariyah (Alexandria), sehingga Iskandariyah menjadi pusat segala kegiatan ilmu, filsafat dan sebagainya.
f. Masa Yunani Romawi (142 SM-550 M), pada masa ini daerah kekuasaan Yunani telah jatuh dalam kekuasaan kerajaan Romawi. Maka mundurlah kebudayaan Yunani, akan tetapi orang-orang kristen telah memperbarui, mengubah dan sebagainya.
g. Masa Bizantium, yaitu zaman kegemilangan pusat romawi Timur (Konstatinopel), dimana menjadi pusat kebudayaan dan peradaban Yunani.
2. Abad Pertengahan
Setelah jatuhnya Romawi, pada abad ke 10 M telah ditemukan kembali kode justian, sehingga dapat menyalakan kembali semangat untuk disiplin hukum bahwa hukum romawi menjadi dasar dari semua konsep hukum. Hukum-hukum itu antara lain tentang hak-hak sipil , kesetaraan di hadapan hukum , kesetaraan perempuan , keadilan prosedural , demokrasi sebagai bentuk ideal masyarakat , dan prinsip-prinsip yang membentuk dasar budaya Barat modern serta penyatuan hukum Romawi dengan sistem hukum gereja Katolik.
Peradaban Barat di abad pertengahan dalam berbagai bidang:
 Bidang Agama, Seni dan Sastra
Mungkin supranasional pemerintah paling efektif selama lima abad setelah jatuhnya kekaisaran barat adalah Gereja Katolik. Paus berusaha untuk menunjuk para uskup, mengatur doktrin, mengirim misionaris, dan berusaha memaksakan sebuah pemerintahan terpusat berdasarkan Kekaisaran Romawi kuno raja-raja. Jermanik, seperti Clovis kaum Frank, agama Kristen sebagai alat buttressing monastisisme otoritas mereka sendiri.
Hingga 1000 M, kristen tetap mendominasi Eropa, namun sebagian besar penyelidikan teologis hanya dibatasi untuk naskah-naskah kuno yang berkaitan dengan pertanyaan teologis yang penting. Berbagai upaya dilakukan untuk menggabungkan pemikiran logis dalam penyelidikan teologis. Rasionalisme dalam teologi menyebabkan tumbuhnya universitas barat dalam rangka peningkatan kualitas di bidang ilmu pengetahuan, bahkan barat juga mengimpor ilmu dari dunia Islam dengan menterjemahkan teks bahasa Arab ke dalam bahasa Latin.
Pada abad ke 14 muncul gerakan renaissance yang berarti gerakan terlahir kembali atu terlepas dari cengkeraman gereja. Karena ketika itu gereja mengklaim sebagai institusi resmi wakil tuhan di muka bumi melakukan hegemoni di masyarakat.
Dalam bidang seni, sebelumnya telah banyak seniman Barat yang terkonsentrasi pada bidang keagamaan hampir secara eksklusif , dimana seni dan arsitekturnya banyak dikhususkan untuk Gereja. Dalam bidang satra, awalnya menulis dalam bahasa Latin hanya ditujukan untuk teologi, dan pemerintah, namun pada abad pertengahan penulisan sastra lebih menjurus pada hal-hal duniawi.
 Bidang Pertanian
Perbaikan sistem pertanian setelah 800 M menjadikan pemilik tanah menjadi bebas secara virtual. Ketegangan antara petani dan bangsawan muncul, namun secara keseluruhan, bagaimanapun, kondisi petani meningkatkan produktivitas pertanian telah melampaui dunia kuno.

 Pertumbuhan Perdagangan dan Perbankan
Produksi pertanian yang lebih besar menyebabkan urbanisasi dan meningkatnya kegiatan komersial. Perbankan muncul di Italia, Jerman selatan, Low Countries, Perancis, dan Britania. Sebagai pedagang, Italia mulai menghubungkan Eropa dengan bagian-bagian lain dari Eurasia melalui rute perdagangan Mediterania. Perkembangan perbankan membantu menciptakan lingkungan bisnis yang melahirkan kapitalisme dan selanjutnya, kapitalisme yang ditemukan di hampir setiap negara barat, mendukung ideologi yang sangat individualistik.

3. Era Modern
Dalam Peradaban Barat era modern, agama menjadi kurang penting. Agama sementara itu telah menyusut jauh di Eropa Barat, dimana banyak agnostik atau ateis . Hampir setengah dari populasi dari Britania Raya (44-54%), Jerman (41-49%), Perancis (43-54%) dan Belanda (39-44%) adalah non-teis. sebagaimana juga terjadi di sebagian besar Amerika Latin. Pada zaman ini juga mulai berkembang konsep pemisahan Gereja dengan negara , sehingga muncul doktrin pemisahan kekuasaan, yang membuat demokrasi Barat modern yang berbeda dari demokrasi secara umum. Biasanya masyarakat barat menggunakan sistem pemerintahan demokrasi dengan multipartai atau presidensil.

Produk Peradaban barat
Salah saru fitur kebudayaan Barat adalah fokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan untuk menghasilkan proses inovasi material. Produk-produk peradaban barat antara lain:
 Barat pertama kali mengembangkan penggunaan uap untuk tenaga listrik. Begitu juga dengan motor listrik , dinamo , transformator , lampu listrik, nuklir, transistor , rangkaian terpadu , chip memori, dan komputer.
 Alat komunikasi: telegraf, telepon, radio, televisi, komunikasi dan navigasi satelit, ponsel , dan internet semua ditemukan oleh Barat.
 Peralatan kantor: pensil, pena ballpoint, CRT , LCD , LED , foto, mesin fotokopi , laser printer , ink jet printer dan layar plasma juga ditemukan di Barat.
 Alat Optik: . Kacamata, teleskop, mikroskop, dan mikroskop elektron , semua jenis kromatografi , protein dan sekuensing DNA , komputerisasi tomografi , NMR , x-sinar , dan cahaya, ultraviolet dan spektroskopi inframerah.
 Material bangunan: beton , aluminium, gelas kaca, karet sintetis, berlian sintetis dan plastik polyethylene, polypropylene, PVC, polistiren dan lain-lain.
 Kedokteran: vaksinasi, anestesi, antibiotik, metode mencegah penyakit Rh, pengobatan diabetes ,teori kuman penyakit, stetoskop, elektrokardiograf, endoskopi, vitamin , kontrasepsi hormonal , hormon , insulin, dan lain-lain.
 Matematika: kalkulus, statistika, logika, vektor, tensor dan analisis kompleks.
 Biologi: evolusi, kromosom, DNA, genetika, metode biologi molekular dan lain-lain.
 Fisika: ilmu mekanika dan mekanika kuantum, relativitas, termodinamika , mekanika statistik, elektromagnetisme termasuk Hukum Coulomb (1785), baterai pertama(1800), kesatuan listrik dan magnet (1820), Biot-Savart hukum (1820), Ohm’s Law (1827), persamaan Maxwell (1871), atom , inti , elektron , neutron dan proton semua diresmikan oleh Barat.
 Bidang Ekonomi: pembukuan entri ganda , itu perseroan terbatas , asuransi jiwa , kartu kredit dan lain-lain.
 Eksplorasi dan petualangan dunia: Ekspedisi pertama mengelilingi bumi (1522), pertama yang menginjakkan kaki di Kutub Selatan (1911), dan manusia pertama yang mendarat di bulan (1969). Pendaratan robot di Mars (2004), asteroid (2.001), eksplorasi voyager planet-planet luar ( Uranus pada tahun 1986 dan Neptunus pada tahun 1989), dan lain-lain.
B. PERADABAN ISLAM
Menurut Nourouzzaman Shiddiqie, periodesasi sejarah peradaban islam terbagi atas tiga periode, yaitu;
1. Periode Klasik (600-1258). Periode ini dimilai sejak kelahiran Nabi Muhammad Saw sampai didudukinya Baghdad oleh Hulagu Khan.
2. Periode Pertengahan (Dari Jatuhnya Baghdad sampai Penghujung abad ke 17)
3. Periode modern (mulai abad ke 18 sampai sekarang).
Sedangkan menurut Ahmad al Usairy menyebutka bahwa periodesasi sejarah perdaban islam dibagi dalam periode-periode sebagai berikut:
1. Periode sejarah klasik (masa Nabi Adam –sebelum diutusnya Nabi Muhammad)
2. Periode Sejarah Rasulullah (570-632M), yaitu masa berdirinya negara islam pertama.
3. Periode sejarah Khulafaur Rasyidin (632-661 M). Dalam periode ini terjadi penaklukan-penaklukan di Persia, Syiria, Mesir dan lain-lain. Pada periode ini juga terjadi proses pengumpulan dan pembukuan al Qur’an.
4. Periode pemerintahan Bani Umayah (661-749M), pada periode ini islam mengalami perluasan yang signifikan
5. Periode Pemerintahan Bani Abassiah(749-1258M), pada periode ini muncul beberapa pemerintahan dan kerajaan independen dan juga banyak bermunculan cenkiawan-cendekiawan muslim.
6. Perode pemerintahan Mamluk (1250-1517M)
7. Periode pemerintahan Usmani (1517-1923M), islam berhasil melakukan ekspansi ke kawasan eropa.
8. Periode dunia islam Kontemporer (1922-sekarang).
 Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Dunia
1) Pengaruh dalam bidang Akidah dan Agama
Islam menyatakan kebebasan manusia dalam menyembah dan berhubungan dengan Allah dan dapat memahami dan menjalankan syariat tanpa perantaraan tokoh-tokoh agama. Ketika itu banyak bangsa-bangsa yang terbelenggu dalam kekuasaan tokoh agama. Pada abad VII di kalangan bangsa barat muncul orang-orang yang menolak adanya perantara antara Allah dengan hambaNya serta ,menyerukan kebebasan dalam memahami kitab suci, lepas dari kekuasaan dan pengawasan tokoh-tokoh agama mereka.
2) Pengaruh dalam bidang IPTEK
• Kedokteran
Kitab Ibnu Sina (Avicenna), al-Qanun (abad-12) & Al-Hawi (ar-Razi) menjadi sumber pengetahuan kedokteran di Barat sampai abad-16.
Apotik & ilmu Kedokteran, Kimia & Botani Islam sblm abad-15 sudah sangat maju dibandingkan Barat, ilmuwan Islam telah menemukan 2000 jenis tanaman Thriflorida untuk obat-obatan.
• Filsafat
Dalam bidang filsafat, islam memilki Bapak filsafat yaitu Ibnu Rusyd (Averroes) yang pemikiran filsafatnya pernah mempengaruhi alam pemikiran Eropa.
• Ilmu Logika
Abu Nashr Muhammad al Farabi adalah bapak logika islam. Dia memperkenalkan pembuktian silogisme dengan contoh-contoh dan memperkenalkan sejumlah cara dengan metode deduktif.
• Ilmu Aljabar dan Logaritma
Muhammad bin Musa Al Khawarizmi adalah bapak aljabar. Dia juga merupakan penemu angka nol dan penemu logaritma.
• Astronomi
Selain sebagai Bapak Aljabar dan Logaritma, Al Khawarizmi juga pernah membuat tabel perhitungan astronomi yang dapat digunakan untuk mengukur jarak dan kedalaman bumi sehingga bumi menjadi terbuka untuk diteliti. Pada tahun 1226 M, Adelard dari bats menterjemahkan teori dan tabelnya ke dalam bahsa latin.
Gherardo & Cremona, 2 orang ahli astronomi Italia menerjemahkan buku ilmu astronomi dari kitab as-Syarh karangan Jabir ibnu Hayyan.

• Sastra
o Opera “Peringatan akan akibat” karangan Shakespeare, diilhami dari kisah Alfu lailah wa lailah dari masa keemasan Islam.
o Cerpen karangan sastrawan Perancis Lasange banyak mengambil inspirasi dari kitah Natan al-Hakim.
o Sajak Divina Commedia karangan Dante Alghieri mengambil dari kitab Risalatul- Ghufran (karangan al-Ma’ariy) & Washful Jannah (karangan Ibnu Arabi).
o Cerita Gulliver (karangan Schwift) diilhami oleh Alfu lailah wa lailah.
o Cerita Robinson Crusoe (karangan Defoe) diilhami dari kitab ar-Risalah (karangan Hayy bin Yaqzhan yang dikenal dengan gelar Ibnu Thufail)
• Bahasa
o Dalam aspek bahasa, banyak kata-kata dalam bahasa Barat yang mengambil dari bahasa Arab, seperti; Cotton (dari Quthn), Syrup (dari Syarab), Lemon (dari Laymun), bahkan nama-nama ilmuwan Islam seperti : Avecina (dari Ibnu Sina), Averoes (dari Ibnu Rusyd), Albategnius (dari Al-Baththani), Ibn Yunis (dari Ibnu Yunus), dan lain-lain.
• Sejarah
Ibnu khaldun dikenal sebagai bapak Sejarah. Sumbangan Ibnu khaldun tentang ilmu sejarah adalah teori perkembangan peradaban.
• Botani dan Zoologi
Raja Friederich-II dari Perancis meminta putra-putra Ibnu Rusyd (menurut ejaan Barat dibaca : Averoes) untuk tinggal di istananya mengajarinya ilmu Botani & Zoologi.
Paus Gerbert (bergelar Sylvestre-II) mengajar ilmu-ilmu alam pada tahun 1552-1562 yang kesemuanya dipelajarinya di Universitas Islam Andalusia di Spanyol.
• Hukum
Menurut sejarawan & orientalis Perancis Sedillot, bahwa UU Sipil Perancis pada masa Napoleon Bonaparte diilhami dari kitab al-Khalil (salah satu kitab Fiqh Maliki).

C. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PERADABAN ISLAM dan BARAT
 Kelebihan dan Kelemahan Peradaban Barat
1. Kelebihan Peradaban Barat
Kelebihan Peradaban barat yang menonjol sebagaimana ditulis oleh Edwin A. Locke, Ph.D
a. Orang-orang Yunani adalah orang-orang yang pertama kali mengidentifikasi secara filosofis bahwa pengetahuan diperoleh melalui akal dan logika sebagai lawan dari mistisisme (iman, wahyu, dogma). Butuh waktu dua milenium, termasuk Abad Kegelapan dan Renaissance, untuk mengimplikasikasikan secara penuh pemikiran Yunani sehingga Barat mencapai puncaknya Barat pada era pencerahan abad ke-18.

b. Pengakuan hak individu.
Sebuah prestasi yang sangat diperlukan menuju Pencerahan adalah pengakuan dari konsep hak-hak individu. John Locke menunjukkan bahwa individu tidak ada untuk melayani pemerintah, melainkan bahwa pemerintah ada untuk melindungi individu. Individu, kata Locke, memiliki hak mutlak untuk hidup, kebebasan, dan mengejar kebahagiaan sendiri.
c. Sains dan Teknologi
Hingga sekarang dapat dilihat kemajuan Sains dan teknologi barat yang tidaka ada hentinya. Sebagian besar barang-barang yang kita miliki sekarang ini adalah produk dari peradaban barat. Orang-orang barata mampu menemukan formula-formula baru, membuat inovasi baru sehingga mampu menguasai pasar ekonomi.
2. Kelemahan Peradaban Barat
• Perlakuan terhadap binatang
Sejarah telah mencatat kisah-kisah paling aneh pada abad pertengahan hingga abad ke 19 dimana pada waktu itu binatang diadili seperti halnya manusia. Binatang juga dikenai hukuman penjara, pengusiran, dan bahkan hukuman mati. Mereka menghukum binatang tidak semata-mata untuk hiburan, tetapi itu memang sungguh-sungguh untuk mewujudkan keadilan. Di kalangan umat eropa pada abad pertangahan, Perancis adalah Eropa kristen yang pertama kali memulai prinsip pertanggungjawaban dan pemidanaan terrhadap binatang (abad 13). Negara Sardinia memulainya pada abad !4, Belgia pada akhir abad 15, Belanda, Jerman, Italia dan Swedia pada abad 16. Di sebagian abngsa Slaves (Eropa timur dan tengah), prinsipi itu masih terus dilaksanakan sampai abad ke 19.
Berikut ini adalah beberapa kasus tentang pengadilan terhadap binatang.
a. Terjadinya pengadilan terhadap “Tikus” di pengadilan Autunne di Perancis abad- 15, karena tikus dianggap “bersalah” karena telah berkumpul di jalan-jalan dan mengganggu ketenangan.
b. Pengadilan terhadap “Ayam yang bertelur” di pengadilan Palle, Swiss tahun 1474.
c. Pengadilan & hukuman mati yang dijatuhkan terhadap “Kucing” abad-15 di Inggris, dikarenakan diduga telah membantu para “tukang Sihir” dalam melakukan kejahatannya.
d. Pada 1495 di perancis juga terjadi kasus aneh yaitu tuntutan yang diajukan oleh petani anggur terhadap ulat-ulat yang telah memakan anggurnya.
• Perlakuan tidak adil terhadap manusia
Pengadilan & pembunuhan besar-besaran kepada para ilmuwan seperti Nicholas Copernicus & Galileo Galilei karena mengemukakan teori heliosentris, sementara teori yang berlaku saat itu adalah geosentris (teori Claudius Ptolemeus). Tycho Brahe (seorang ilmuwan German) bahkan kehilangan sebelah telinganya karena berani menyatakan bahwa Venus memiliki fase-fase seperti bulan, dan lain-lain.

 Kelebihan dan Kelamahan Peradaban Islam
1. Kelebihan peradaban Islam
Dalam bukunya “Khazanah Peradaban Islam”, As Siba’i menyebutkan beberapa karakteristik unik peradaban islam. Mungkin keunikan-keunikan itu bisa menjadi nilai plus dalam perdaban islam. Karakteristik perdaban islam yang unik antara lain;
a. Peradaban islam berpijak pada asas wahdaniyah (Ketunggalan). Peradaban islam merupakan peradaban pertama yang menyerukan bahwaa Tuhan itu tunggal. Hal ini menyebabkan peradaban islam lemah dalah hal seni pahat dan patung meskipun menonjol dalam seni ukir dan bangunan.
b. Peradaban islam mempunyai kecenderungan dan tujuan kemanusiaan, cakrawala dan risalah kosmopolitan. Perdaban islam memiliki tokoh-tokoh jenius pembangun peradaban seperti Abu Hanifah, Malik, Asy Syafi’I, Ahmad, Al Khalil, Al Kindi, Al Ghazali, Al farabi, ibn Rusyd, ibn Sina, dan lain-lain.
c. Peradaban islam menjadikan prinsip moral dan akhlak dalam berbagai bidang kehidupan.
d. Peradaban islam berbicara dengan akal dan hati secara bersamaan. Peradaban islam adalah peradaban pertama yang tidak memisahkan antara agama dan negara.
e. Peradaban islam memiliki toleransi keagamaan yang tinggi. Terbukti khalifah-khlafah di masa lalu memperlakukan orang nasrani dan yahudi dengan penuh penghormatan bahkan mempercayakan mereka pekerjaan-pekerjaan besar dan jabatan penting.
Sebagai contoh khalifah Harun Ar Rasyid pernah memberiakn amanat pada Hanan bin Masuwaih, seorang yahudi, untuk mengawasi seluruh sekolah tanpa memandang asal usul agamnya namun hanya memandang kedudukannya terhadap ilmu pengetahuan.
2. Kelemahan Peradaban Islam
a. Peradaban islam maju pesat pada abad pertengahan ketika barat masih terpuruk, namun karena tidak mampu mempertahankan pada masa sekarang peradaban islam telah tertinggal dari peradaban barat sehingga saat ini semua aspek kehidupan dikuasai oleh Barat. Dari segi akhlak pun juga terjadi banyak penurunan. Memang, pada zaman ini manusia mengalami kemerosotan akhlak, tetapi sebagai umat islam yang notabene mengedepankan akhlak sebagai dasar seluruh bidang kehidupan sangatlah tidak pantas jika akhlaknya rusak.
b. Satu lagi kelemahan orang islam adalah tidak kritis terhadap diri sendiri, buku-buku karya orang barat yang sering diterjemahkan adalah buku-buku yang memandang positif terhadap islam. Jarang sekali diterjemahkan buku-buku seperti Ignaz Goldzier, Mac Donal yang sedikit memandang negatif tentang islam. Kecenderungan tidak kritis ini dalam istilah asing disebut irrational appeal, yakni kecenderungan tidak kritis terhadap diri sendiri di suatu sisi dan hegemoni dunia barat di sisi lain.
D. KOMPARASI ANTARA PERADABAN ISLAM DAN PERADABAN BARAT
Tabel Komparasi Antara Peradaban Islam dan Peradaban Barat
Pembeda Peradaban Islam Peradaban Barat
Hubungan Agama dan Negara Theokrasi
(tidak memisahkan antara negara dan agama)
Sekuler
(memisahkan antara agama dan negara)
Komparasi epistimologi Memadukan antara wahyu (agama) dengan rasio (akal) Hanya menggunakan akal
kemajuan Mengalami kemajuan pesat di abad pertengahan kemudian mengalami kemunduran Pada abad pertengahan masih tertinggal dengan peradaban islam namun pada era berikutnya maju pesat.
Perlakuan terhadap binatang Dalam syari’at islam terhadap binatang dilarang: menyakiti binatang, membiarkan binatang dalam keadaaan lapar, memaksa binatang bekerja di luar kemampuannya, menghibur diri dengan berburu binatang. Hukum pidana juga di terapkan kepada binatang. Binatang juga diadili dengan hukuman penjara, diasingkan bahkan dihukum mati sebagaimana narapidana manusia.

BAB III
PENUTUP

Peradaban islam dan peradaban barat masing-masing telah menyumbangkan perannya dalam kemajuan peradaban dunia. Kemajuan perdaban barat saat ini pun tidak lepas dari peranan peradaban islam karena sesungguhnya kemajuan barat adalah karena pada abad pertengahan barat banyak belajar dari orang-orang islam. Orang-orang barat banyak menterjemahkan buku-buku dari islam untuk dipelajari dan dikembangkan.
Meskipun banyak perbedaan yang bahkan bertolak belakang, peradaban barat dan peradaban islam masing-masing telah menyumbangkan tokoh-tokoh jeniusnya. Jika orang barat memilki Issac newton, James watt, Aristoteles, dan lain-lain maka peradaban islam juga memiliki Abu Hanifah, Malik, Asy Syafi’I, Ahmad, Al Khalil, Al Kindi, Al Ghazali, Al farabi, ibn Rusyd, ibn Sina, dan lain-lain.
Baik peradaban islam maupun peradaban barat masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Langkah terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah memperbaiki kelemahan dan mempertahankan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing peradaban.

DAFTAR PUSTAKA

Amin, Samsul Munir. 2009. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: AmzaH
As Siba’i, Mustafa Husni. 2002. Khazanah Peradaban Islam (Terj). Bandung: Pustaka Setia
Haque, M. Atiqul. 1998. Wajah Peradaban. Bandung: Zaman Wacana Mulia
Husaini, Adian,. 2005. Wajah peradaban barat dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekuler liberal. Jakarta: Gema Insani
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Western_culture)
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Barat
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.danielpipes.org/comments/63525&ei=Jw0LTIGCPdLBrAfr9bjzDA&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=6&ved=0CDYQ7gEwBQ&prev=/search%3Fq%3Dcomparison%2Bbetween%2Bwest%2Bcivilizaton%2Band%2Bislamic%2Bcivilizatuon%26hl%3Did

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s